Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
×
Jangan Lupa Subscribe Channel Ashgas.

Cara Custom Rom Hp Android Tanpa Pc

 Mau mengubah tampilan smartphone kamu lebih menarik dan membuatnya lebih optimal dalam performa? Kamu bisa memasang custom ROM pada smartphone kamu! Custom ROM adalah versi modifikasi dari sistem operasi Android yang bukan bawaan dari pabrik. Dengan memasang custom ROM, kamu bisa mendapatkan fitur-fitur baru, tampilan yang lebih menarik, dan kinerja yang lebih lancar dibandingkan dengan sistem operasi bawaan dari pabrik. 

Namun, proses memasang custom ROM pada smartphone umumnya memerlukan bantuan PC atau laptop. Bagi kamu yang tidak memiliki akses ke PC atau laptop, jangan khawatir! Karena dalam artikel ini, kami akan membahas cara-cara memasang custom ROM pada smartphone tanpa menggunakan PC atau laptop. Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan tergantung pada jenis dan brand smartphone kamu. Yuk, simak cara-cara memasang custom ROM pada smartphone tanpa PC berikut ini!


1. Pastikan smartphone kamu sudah di-root dan terpasang custom recovery seperti TWRP atau CWM.


2. Download file ROM yang ingin kamu instal pada smartphone. Pastikan ROM yang kamu download cocok dengan jenis smartphone kamu sesuai dengan brand dan tipe.


3. Setelah itu, pindahkan file ROM ke dalam internal atau eksternal storage pada smartphone.


4. Kemudian matikan smartphone dan masuk ke recovery mode. Caranya bisa berbeda pada setiap smartphone, tapi umumnya kamu perlu menekan tombol power dan volume turun secara bersamaan untuk masuk ke recovery mode.


5. Di menu recovery mode, pilih opsi “Wipe Data/Factory Reset” untuk menghapus data pada smartphone. Perlu diingat, langkah ini akan menghapus semua data di smartphone, termasuk aplikasi, foto, dan lainnya. Pastikan membuat backup data sebelum melanjutkan langkah ini.


6. Setelah proses wipe selesai, kembali ke menu recovery mode dan pilih opsi “Install” atau “Flash zip from SD card”. Lalu cari file ROM yang sudah kamu simpan pada langkah ke-3 di internal atau eksternal storage dan pilih.


7. Tunggu proses instalasi selesai. Ini membutuhkan waktu beberapa menit tergantung ukuran file ROM dan kecepatan smartphone kamu.


8. Setelah selesai, pilih opsi “Reboot System Now” untuk menyimpan perubahan dan menjalankan smartphone dengan custom ROM yang baru diinstal.


9. Sekarang custom ROM sudah terpasang pada smartphone kamu dan kamu bisa mengecek fitur-fitur baru dan perbedaan dengan ROM bawaan di smartphone kamu.


Nah, bagaimana? Ternyata cara memasang custom ROM pada smartphone tanpa PC atau laptop tidak terlalu sulit, kan? Dari berbagai cara yang telah disebutkan di atas, kamu bisa memilih cara yang paling sesuai dengan smartphone yang kamu gunakan. Pastikan selalu membuat backup data sebelum memulai proses instalasi custom ROM, dan pahami risiko dan konsekuensi yang mungkin terjadi saat memodifikasi smartphone kamu. Selamat mencoba!